gilaaaa. . . . ni film !

Pemasukan Avatar Tembus USD 1 Miliar

Diperkirakan Juga Sukses di Oscar

LOS ANGELES – Melalui pekan kedua pemutaran, film Avatar masih menunjukkan keperkasaannya. Film sci-fi garapan James Cameron tersebut berhasil duduk di puncak box office pekan ini dengan pemasukan yang sanggup membuat hati studio 20th Century Fox lega.

Di minggu keduanya itu, Avatar meraup pemasukan domestik sebesar USD 68,3 juta (sekitar Rp 648 miliar), hanya turun sedikit di akhir pekan pertamanya yang mendapatkan USD 77 juta (sekitar Rp 725 miliar). Total selama 17 hari pemutaran di AS dan Kanada, Avatar sudah mendulang USD 352,1 juta (sekitar Rp 3,3 triliun).

Dengan total tambahan pendapatan di seluruh dunia sebesar USD 666 juta (sekitar Rp 6,2 triliun), Avatar sudah mencapai USD 1,01 miliar (sekitar Rp 9,5 triliun). Sukses itu membuat Avatar tergabung dalam kelompok film berpenghasilan di atas USD 1 miliar yang selama ini hanya pernah diraih oleh empat judul.

Pemasukan itu hanya didapat Avatar dalam 17 hari. Sementara itu, The Dark Knight membutuhkan waktu hampir dua bulan untuk membukukannya. Luar biasanya lagi, Avatar mencapainya pada akhir pekan panjang Natal dan tahun baru, saat orang-orang biasanya sibuk berbelanja. Kondisi positif lain, biasanya, pemasukan film blockbuster mengalami penurunan 20 hingga 30 persen pada pekan selanjutnya. Namun, itu tidak terjadi pada Avatar yang terbukti tetap stabil pendapatannya.

”Seperti kereta barang yang terus melaju dengan stabil,” kata Kepala Distribusi Fox Bert Livingston seperti dikutip dari Associated Press. ”Inilah yang terjadi, orang-orang merasa harus melihat sendiri. Bahkan, termasuk orang-orang yang tidak suka pergi ke bioskop sekalipun,” imbuhnya. Livingston mengklaim, pesona Avatar membuat mereka merasa harus menyaksikannya sekali, dan para pecandu film menontonnya sampai beberapa kali. Itu juga mencatatkan rekor sendiri bagi James Cameron. Dia adalah sutradara pertama yang berhasil membawa dua filmnya menembus USD 1 miliar. Sebelumnya, film Titanic besutan Cameron pada 1997 sukses ditahbiskan sebagai film terlaris sepanjang masa dengan raihan USD 1,8 miliar (sekitar Rp 16,9 triliun).

Selain Avatar dan Titanic, tiga film lainnya yang berhasil menembus USD 1 miliar adalah Lord of The Rings: The Return of the King dengan raihan USD 1,1 miliar (sekitar Rp 10,6 triliun), Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest USD 1,06 miliar (sekitar Rp 9,9 triliun), dan The Dark Knight yang menghasilkan USD 1 miliar (sekitar Rp 9,6 triliun).

Menurut situs Hollywood.com, panen pendapatan dari bioskop tak hanya dirasakan oleh Avatar, tetapi oleh industri film secara keseluruhan. Sepanjang 2009, industri film Hollywood mendapatkan USD 10,6 miliar (sekitar Rp 99,8 triliun). Itu melampaui rekor pada 2007 yang mencapai USD 9,7 miliar (sekitar Rp 91 triliun).

Menariknya lagi, Avatar membuat fenomena baru. Yakni, melambungnya minat untuk menonton bioskop dalam format 3D atau IMAX. Buktinya, Avatar mendulang USD 66,4 juta (sekitar Rp 625 miliar) hanya dari bioskop dengan format mega-screen tersebut.

Selain sukses secara finansial, Avatar tampaknya bakal mengekor sukses Titanic dalam pencapaian penghargaan. Pada 1997, Titanic menyabet sebelas Oscar, termasuk film terbaik dan sutradara terbaik. Dengan sukses mengombinasikan format 3D, efek visual, genre sci-fi, serta plot cerita yang kuat dan romantisme yang tak cengeng, Avatar diperkirakan juga bakal sukses dalam perhelatan Oscar Maret mendatang. Apalagi, sepanjang 2009 ini, belum ada film besar yang diperbincangkan di bursa Academy Awards. Oleh sejumlah pengamat film, kemunculan film berbujet USD 500 juta tersebut dirupakan sebagai kesatria dalam kegelapan. Sebelum itu terjadi, Avatar telah mencatat prestasi masuk empat nominasi ajang Golden Globes 2010 yang malam puncaknya berlangsung 17 Januari mendatang. (ayi)

Iklan

~ oleh pwgaskin pada Januari 5, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: