Lionel Messi Pemain Terbaik Eropa 2009

PARIS – Lengkap sudah pencapaian Lionel Messi tahun ini. Setelah mengantarkan Barcelona merebut tiga gelar plus Piala Super Eropa, striker muda asal Argentina itu meraih penghargaan individu dari majalah France Football. Yakni, trofi Ballon d’Or alias penghargaan sebagai Pemain Terbaik Eropa 2009.

Pencapaian tersebut merupakan sejarah bagi Argentina. Sebab, meski termasuk negara yang paling banyak mengekspor pemain ke Eropa, belum pernah ada pemain dari negeri Amerika Latin itu yang sukses menggondol Bola Emas.

“Merupakan kehormatan besar bagi saya bisa terpilih sebagai pemain yang berhak atas trofi Ballon d’Or. Apalagi, saya menjadi pemain Argentina pertama yang meraih award ini,” tutur Messi sebagaimana dikutip France Football.

Dalam hasil voting yang diumumkan kemarin dini hari, Messi mengumpulkan 473 poin. Dia unggul 240 poin dari Cristiano Ronaldo yang mengoleksi 233 poin. Inilah marjin keunggulan terbesar dalam sejarah Ballon d’Or. Tempat ketiga diduduki oleh rekan setim Messi, Xavi Hernandez, dengan 170 poin.

“Terus terang, saya tahu difavoritkan di tempat teratas. Mengingat, sukses Barcelona sepanjang 2009, saat kami memenangkan segalanya. Tapi, saya tidak menyangka bisa menang dengan selisih poin yang sangat telak,” ucap Messi.

“Ballon d’Or adalah penghargaan yang sangat penting buat saya. Semua yang masuk nominasi adalah pemain hebat,” tambah pemain 22 tahun itu.

Sejak awal, banyak yang memprediksi bahwa penghargaan yang diprakarsai majalah Prancis France Football tersebut bakal jatuh ke tangan Messi. Itu tidak lepas dari sukses Barcelona memenangkan Liga Primera, Copa del Rey, dan Liga Champions musim 2008/2009.

Karena itu, banyak anggota the dream team Barca itu yang masuk nominasi. Selain Xavi, ada gelandang Andres Iniesta dan striker Thierry Henry. Samuel Eto’o yang musim ini dijual ke Inter Milan juga masuk daftar. Namun, para jurnalis yang dilibatkan dalam voting sepakat bahwa kontribusi Messi paling berpengaruh buat kemenangan Barcelona. Dia menjadi top skor Liga Champions dengan sembilan gol. Total, Messi membukukan 38 gol di semua kompetisi.

Bagaimana musim ini? Messi mengaku sulit mengulangi pencapaian timnya. Di Liga Primera, Barca -julukan Barcelona- memang masih memimpin klasemen. Namun, persaingan dengan pesaingnya di empat besar sangat ketat. Di Liga Champions, nasib mereka harus ditentukan di matchday terakhir pekan depan.

“Tidak mudah mengulang musim sempurna yang telah kami jalan. Saya hanya berharap musim ini kami bisa mencapai standar yang sama dengan sebelumnya. Tapi, untuk mencapai hal serupa, apalagi Ballon d’Or untuk kali kedua berturut-turut, rasanya sulit sekali,” tutor Messi.

Sejak diadakan pada 1956, hanya ada delapan pemain yang pernah memenangkan Ballon d’Or lebih dari sekali. Di antara delapan nama tersebut, yang pencapaiannya paling istimewa adalah legenda Prancis Michel Platini. Pria yang kini menjabat sebagai Presiden UEFA itu merajai tiga edisi beruntun (1983, 1984, dan 1985).

Sebelumnya, Ballon d’Or hanya ditujukan untuk pemain Eropa yang bermain di liga Eropa. Namur, aturan itu kemudian diubah. Sejak 1995, pemain luar Eropa yang bermain di Eropa juga bisa masuk nominasi. Pemain AC Milan yang berasal dari Liberia, George Weah, adalah pemain non-Eropa pertama yang memenangkan penghargaan prestisius tersebut. (na/ca)

[ jawapos, Rabu, 02 Desember 2009 ]

Iklan

~ oleh pwgaskin pada Desember 2, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: